<p>Latar Belakang</p> <p>Komunikasi pada prinsipnya merupakan salah satu persyaratan dalampenyelenggaraan layanan kesehatan yang berkualitas. Kualitas pelayanan&nbsp;dipengaruhi oleh dua faktor yaitu pelayanan di bidang teknis medis dan&nbsp;pelayanan di bidang komunikasi. Klien tidak akan puas apabila mendapat pelayanan dari segi medis saja, tanpa diimbangi dengan proses komunikasi yang baik dan komunikatif efektif antara petugas dengan kliennya, demikian pula sebaliknya</p> <p>&nbsp;</p> <p>Tujuan Umum</p> <p>Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu menerapkan ketrampilan komunikasi efektif secara optimal dalam pelayanan rumah sakit.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Tujuan Khusus</p> <p>Setelah mengikuti pelatihan :<br>Peserta mampu<br>1. Menjelaskan Teknik Komunikasi<br>2. Menerapkan Etika Dalam Penampilan Kerja<br>3. Menerapkan Etika berkomunikasi<br>4. Melaksanakan Manajemen Konfik<br>5. Melaksanakan Penanganan Komplain<br>6. Melaksanakan Komunikasi Efektif dan Komunikasi SBAR</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p>